PERAN MEDIA DALAM PENGAWASAN PEMILU SERENTAK 2024 - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Sabtu, 18 November 2023

PERAN MEDIA DALAM PENGAWASAN PEMILU SERENTAK 2024


Kota Kediri, Metro Jatim;

Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kota Kediri telah melaksanakan kegiatan bertajuk “Peran Media Dalam Pengawasan Pemilu serentak 2024, pada Sabtu (18/11/2023 di Hotel Grand Surya Kediri.


Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kota Kediri Yudi Agung Nugraha mengatakan bahwa dinamika politik saat ini semakin beragam.


Oleh karena itu, peran media sangatlah penting dalam membantu menjaga integritas dan transparansi selama proses pemilu. tak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI) Kediri Raya dan perwakilan organisasi lainnya, serta seluruh awak media yang telah memberikan edukasi politik kepada masyarakat sebagai bentuk pengawasan partisipatif.


Masih menurut Ketua Bawaslu Kota Kediri berharap agar kedepannya nanti dapat semakin bersinergi dengan seluruh media massa. Salah satu peran media yang telah terbukti efektif adalah dalam kegiatan penertiban baliho dan spanduk kampanye di wilayah 3 Kecamatan di Kota Kediri, Kecamatan Mojoroto, Kecamatan Pesantren dan Kecamatan Kota.Melalui partisipasi aktif media, pelanggaran terhadap aturan pemilu dapat diketahui dengan cepat dan transparan.


Dalam  kegiatan acara ini juga dimanfaatkan untuk memberikan materi oleh Hari, narasumber praktisi media Kediri. Materi tersebut berfokus pada pentingnya peran media sebagai garda terdepan dalam pengawasan pemilu. Diskusi pun diadakan untuk menjalin komunikasi yang lebih baik antara Bawaslu dan media massa dalam menjalankan peran masing-masing.


"Dalam mengawal proses demokrasi politik, media memiliki peran yang penting dalam memberikan informasi yang akurat, menyampaikan berbagai perspektif, dan mengungkapkan potensi kesalahan yang dapat terjadi tidak hanya dari calon legislatif (caleg) dan partai politik, tetapi juga dari penyelenggara sistem politik itu sendiri," ujar Hari.



Acara ditutup dengan doa bersama sebagai wujud harapan agar pemilu ke depan dapat berlangsung dengan lancar dan adil. Bawaslu Kota Kediri optimis bahwa dengan adanya sinergi dan kerjasama yang baik antara Bawaslu dan media massa, pengawasan pemilu dapat berjalan lebih efektif. Selain itu, partisipasi aktif masyarakat dalam pemilu pun diharapkan semakin meningkat berkat peran media sebagai penyampai informasi yang akurat dan bertanggung jawab.


Masyarakat pun diharapkan dapat lebih memahami pentingnya peran media dalam pemilu dan memberikan dukungan penuh terhadap proses demokrasi yang adil dan transparan. (Fran)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini