Didapuk Menjadi Kader Sekardadu, Pelajar SPENSARING Kampanyekan Urgensi Merawat Sungai. - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Rabu, 06 Maret 2024

Didapuk Menjadi Kader Sekardadu, Pelajar SPENSARING Kampanyekan Urgensi Merawat Sungai.


Banyuwangi, Metro Jatim;

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi kembali memulai program perawatan sungai lewat inovasi SEKARDADU atau Sekolah Rawat Daerah Aliran Sungai di Banyuwangi. Pada kesempatan ini dua pelajar dari SPENSARING atau SMP Negeri 1 Cluring Reza Putra Pratama dan Evelyn Jihan Prameswari dikukuhkan menjadi kader Sekardadu 2024 yang turut mengkampanyekan perawatan sungai kepada sektor pelajar. Kegiatan ini diselenggarakan di Edu-Ekowisata Jopuro Kabupaten Glagah Kabupaten Banyuwangi Rabu 6 Maret 2024 pagi.


Turut hadir pula dan sekaligus menyematkan selempang kader Sekardadu kepada pelajar SMP Negeri 1 Cluring oleh Bupati Banyuwangi Hj. Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, M.KP. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas PU Pengairan Banyuwangi Dr. Ir. H. Guntur Priambodo, M.M., dan Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi Suratno, S.Pd., M.M.


Sekardadu atau Sekolah Rawat Daerah Aliran Sungai di Banyuwangi ialah salah satu inovasi  milik Pemkab Banyuwangi yang masuk sebagai nominator TOP 30 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) Jawa Timur 2023. Program Sekardadu merupakan upaya Pemkab Banyuwangi dalam memelihara aliran sungai dengan melibatkan lembaga pendidikan. 


Latar belakang diadakannya program Sekardadu diantaranya karena kepedulian masyarakat terhadap sumber daya air kian menurun, problem kebiasaan membuang sampah sembarangan.


Kegiatan tersebut diakhiri dengan menanam bibit pohon dan menabur benih ikan dengan harapan ekosistem sungai terjaga dengan bersih dan sehat. (Herman)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini