HIPPA Desa Sumbermulyo dan Kadis PU Pengairan Banyuwangi Diskusikan tentang Saluran Irigasi dan Masalah Sedimentasi. - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Selasa, 11 Juni 2024

HIPPA Desa Sumbermulyo dan Kadis PU Pengairan Banyuwangi Diskusikan tentang Saluran Irigasi dan Masalah Sedimentasi.



Banyuwangi, Metro Jatim;
Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Desa Sumbermulyo, Kecamatan Pesanggaran bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pengairan Kabupaten Banyuwangi, Guntur Priambodo, melaksanakan kegiatan kerja bakti di saluran sekunder Sumbermulyo.


Kerja bakti ini menunjukkan kolaborasi yang solid antara pemerintah dan petani dalam menjaga serta meningkatkan infrastruktur irigasi. Diharapkan dengan kegiatan ini, permasalahan tersebut dapat segera teratasi dan mencukupi kebutuhan para petani.


Selain bertujuan untuk membersihkan saluran dari sedimen, kegiatan ini juga menjadi forum diskusi mengenai rekonstruksi ulang saluran irigasi untuk memudahkan operasional jaringan irigasi serta mengatasi masalah menurunnya debit air akibat sedimentasi. Para petani yang tergabung dalam HIPPA Desa Sumbermulyo mengutarakan harapan mereka agar ada perbaikan segera pada saluran irigasi untuk memastikan aliran air irigasi tetap optimal.


"Petani minta ada perbaikan saluran agar sedimen bisa diambil," jelas Guntur, Jum'at  (07/06/2024).


Karena tentu sedimentasi merupakan masalah yang perlu dipecahkan, karena secara tidak langsung adanya sedimentasi menyebabkan berkurangnya debit air sehingga tidak mencukupi untuk baku sawah yang ada. Selain masalah sedimentasi, juga membahas masalah lain seperti ditemukannya beberapa pintu air yang rusak akibat faktor usia, yang mana sudah berusia sekitar 2 dekade.  (Herman)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini