PEMDES BANJARBANGGI SALURKAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) DANA DESA - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Rabu, 01 Desember 2021

PEMDES BANJARBANGGI SALURKAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) DANA DESA


Ngawi, Metro Jatim;

Pemerintah Daerah Kabupaten Ngawi  menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diambilkan dari Dana Desa (DD) diberikan kepada masyarakat yang berdampak pandemi Covid-19 atau Corona  sudah tersalurkan.  Mekanisme dan prosedur pelaksanaan dan penerimaannya sesuai peraturan Bupati (Perbup).


Bantuan langsung tunai melalui dana desa tersebut merujuk pada Perubahan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 menjadi Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 yaitu tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa.


Dana Desa yang bersumber dari APBN kini telah banyak membantu perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat tidak mampu secara ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19.Dengan adanya BLT Dana Desa ini setidaknya dapat meringankan beban kebutuhan ekonomi masyarakat desa.


Seperti Desa Banjarbanggi Kecamatan Pitu Kabupaten Ngawi. Tahun 2021 sebanyak 22 orang warga penerima manfaat di desa tersebut mendapatkan bantuan sosial berupa BLT Dana Desa yang diberikan secara bertahap sebesar Rp 300 ribu. Penyaluran BLT Dana Desa tahap 9, 10 dan 11 tersebut diberikan secara langsung dan pengambilan BLT dijadikan satu di pendopo Desa Papungan Kecamatan Pit Kabupaten Ngawi.


Kepala Desa Banjarbanggi, Muhtarom mengungkapkan, sebagai penanggung jawab di Pemerintah Desa, pihaknya benar-benar menyalurkan bantuan sosial tersebut kepada masyarakat yang memang benar -benar layak untuk mendapatkan bantuan sehingga bisa tepat sasaran.

"Dengan adanya bantuan sosial ini, mudah-mudahan bisa tepat sasaran. Sehingga warga yang benar-benar membutuhkan dapat bantuan, sehingga bisa meringankan beban mereka di masa pandemi Covid-19 ini," terangnya.


Selain BLT Dana Desa, ada berbagai bantuan lainnya yang disalurkan. Diantaranya, PKH, BPNT, Bansos Kementrian Sosial dan lain sebainya. Berbagai bantuan sosial yang disalurkan tersebut diupayakan secara merata, dan untuk menghindari tumpang tindih bantuan, warga yang tidak mampu hanya mendapatkan satu jenis bantuan saja.


Salah satu penerima BLT Dana Desa mengaku senang dan berterima kasih kepada Pemerintah Desa Banjarbanggi sehingga bisa membantu meringankan beban ekonomi di masa pandemi Covid-19.


Kades Banjarbanggi  Muhtarom juga menghimbau kepada warga masyarakat  khususnya warga Desa Banjarbanggi yang belum vaksin segera mendaftarkan  ikut vaksin serta mendukung penuh program percepatan vaksinasi bagi warga Kabupaten Ngawi. (yn)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini