Anggota Sat linmas Tingkatkan Kapasitas dengan Bimtek. - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Kamis, 08 Desember 2022

Anggota Sat linmas Tingkatkan Kapasitas dengan Bimtek.


Madiun, Metro Jatim;

Sebanyak 20 orang anggota satuan Linmas Desa Buduran Kecamatan Wonoasri Kabupaten Madiun telah melaksanakan Bimbingan Tehnik (Bimtek) dalam rangka meningkatkan kapasitasnya sebagai Pelindung Masyarakat dibalai desa Buduran. Rabu 7/12/2022.


Bimtek dihadiri oleh Kepala Desa Buduran Djumanto, Babinsa Sertu Sutrisno, Bhabinkamtibmas Aipda Purnawan (Unsur Tiga Pilar) seluruh kepala Dusun Lingkup Desa Buduran.


Pelaksanaan kegiatan Bimtek merupakan program Tahunan yang sudah direncanakan Tahun 2021 dan pelaksanaannya baru di Tahun 2022 ini, Bimtek ditujukan bagi anggota Satuan Linmas (Sat Linmas) Desa Buduran guna menjaga dan meningkatkan kapasitasnya sesuai dengan tugas pokok dan Fungsinya (Tupoksi).


Kegiatan program Bimtek kali ini dilaksanakan selama  dua hari tanggal 7- 8/12/2022 dengan materi yang disajikan meliputi kegiatan teori didalam ruangan dan materi kegiatan praktek lapangan dihalaman balai desa setempat seperti halnya materi Peraturan Baris berbaris dan cara pertolongan terhadap korban bencana alam, penanggulangan aksi kejahatan dan lain sebagainya.


Keberadaan Satuan Pelindung Masyrakat (Sat Linmas) sudah diatur berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 26 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan ketenteraman Umum dan ketenteraman Masyarakat, sedangkan Sat Linmas sendiri beranggotakan dari unsur masyarakat yang berada di desa/kelurahan setempat yang dibentuk oleh kepala desa untuk melaksanakan pelindungan masyarakat (Linmas).


Babinsa Sersan satu Sutrisno dan Bhabinkamtibmas Aipda Purnawan yang bertindak sebagai pelatih dan pembina dalam arahannya mengatakan, ”Sebagai anggota Sat Linmas harus siap sewaktu-waktu digerakkan dalam membantu penyelenggaraan pemerintah dan pemerintah daerah, mengingat Sat Linmas sebagai garda terdepan, sebagai ujung tombak dalam memberikan pelayanan masyarakat dibidang kemanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat serta pelindung masyarakat,” ujarnya.



Demikian juga Kepala Desa Buduran Djumanto, dalam kesempatan sambutannya mengatakan, "Saya berharap agar semua anggota linmas dalam melaksanakan Bimtek dapat menyerap semua ilmu yang diajarkan oleh pembina atau pelatihnya sebagai bekal nantinya dalam melaksanakan tugas sukarela yang berkaitan dengan bidang keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat apalagi  dalam mencegah dan menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan,” tutupnya. (Ismantono)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini