Pemkab Kediri Turunkan Stunting Lewat Pemeriksaan TBC. - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Selasa, 28 Mei 2024

Pemkab Kediri Turunkan Stunting Lewat Pemeriksaan TBC.



Kediri, Metro Jatim;

Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Kesehatan melaksanakan pemeriksaan TBC pada anak dengan kasus stunting. Kegiatan dilaksanakan di Balai Desa Siman, Kecamatan Kepung, Senin (20/5/2024).


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, melalui Kabid pencegahan dan pengandalian penyakit, Bambang Triyono Putro, menyampaikan acara ini dilaksanakan secara serentak seluruh puskesmas di wilayah Kabupaten Kediri.


Harapannya dengan menemukan kasus TB lebih awal pada anak yang dalam kondisi stunting, bisa memberikan pengobatan secara maksimal sehingga anak tersebut dapat sembuh dari TB dan lepas dari kondisi stunting.


“Kita tahu salah satu penyebab stunting adalah dilatarbelakangi karena memiliki riwayat penyakit kronis. Salah satu penyakit kronis yang menjadi perhatian adalah TBC,” jelas Bambang.


“Kita berharap banyak melalui pemeriksaan ini, penyebab stuntingnya bukan karena TB. Kalaupun ditemukan karena TB bisa dideteksi lebih awal dan segera dilakukan penanganan maksimal. Bila kasus TB pada anak bisa selesai, kita bisa lebih fokus dalam penanganan stuting fokus pada peningkatan gizi,” tambah Bambang


Kepala Puskesmas Kepung, dr. Arif Setiawan, menerangkan tindakan teknis yang dilakukan dalam pemeriksaan ini adalah tes mantoux. Yakni dengan menyuntikan cairan PPD tuberculin pada bawah kulit lengan bawah.


“Selanjutnya akan dilihat setelah 2-3 hari. Apabila terdapat benjolan dengan lebih dari 5 cm maka anak tersebut perlu penanganan TBC lebih maksimal agar sembuh,” terang Arif (RD).

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini